Asyiknya Menyalurkan Hobi Mancing di Pulau Tidung

Bagi para pemancing, tarikan – tarikan yang ada membuat adrenalin meningkat dan membuat perasaan menjadi lebih bersemangat. Setiap tenaga yang digunakan untuk menarik ikan membuat rasa stress dan penat yang ada perlahan – lahan hilang seiring dikeluarkannya tenaga dan adrenalin yang semakin meninggi.Kegembiraan akan semakin membuncah manakala ikan berhasil dinaikan dan memiliki ukuran yang lumayan. Sebagian para pemancing, bahkan menganggap memancing adalah salah satu bentu olahraga karena, menarik ikan yang berukuran besar tidaklah mudah dan perlu banyak tenaga dan ulur tarik.

Tentunya bagi pemancing sejati, berpindah – pindah spot mancing demi mendapatkan tarikan dan sensasi yang berbeda adalah suatu keharusan. Apalagi , bagi mereka yang hobi memancing di laut karena konon, tarikan ikan laut lebih garang.

di Kepualauan Seribu yang kini menjadi surga destinasi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, juga terdapat banyak spot memancing yang pastinya mengasyikan dan seru. Terutama di sekitaran Pulau Tidung. Spot mancing di Pulau Tidung ada beragam, bisa tetap didarat ataupun lebih jauh ke tengah laut menggunakan perahu.

Untuk kalian yang ingin mancing di tepi laut sambil bersantai dan tidak ingin menaiki perahu, spot memancing di tanjung barat bisa dipilih. Disini ada beberapa jenis ikan seperti kerapu dan ikan karang yang bisa dijumpai. Tarikan – tarikan yang diberikan ikan bisa dibilang cukup lumayanlah bila dijadikan sebagai pemanasan.

Sedangkan bagi kalian yang ingin memancing di laut, menyewa kapal tentunya merupakan satu – satunya pilihan untuk menuju ke sana. Umumnya bagi mereka yang menggunakan jasa tour dan mengatakan bahwa tujuan utama mereka untuk memancing maka, biaya perahu akan dimasukan ke dalam tagihan total tour. Meskipun membuat biaya tampak jauh lebih mahal, tapi sebenarnya mengambil perahu dari bagian paket tour akan jauh lebih murah karena, tentu saja memancing membutuhkan waktu yang lama.

Saat memancing di Pulau Tidung, kamu bisa memancing mencari spot mu sendiri atau memancing di rumpon – rumpon yang dimiliki oleh nelayan. Memancing di rumpon, biasanya dikenakan biaya lebih mahal karena presentasi mendapatkan ikan lebih tinggi dan juga jenis ikan yang ada lebih beragam, misalnya saja, ikan tongkol kembung, ikan layang, ikan lemuru, dan ikan bentong.Bagi para pemancing laut ahli, memancing di Pulau Tidung pasti akan sangat mengasyikan karena mereka sudah tersbiasa memilih mana umpan pancing yang cocok dan teknik memancing yang digunakan dan, bagi para pemula biasanya kan sedikit kesulitan.

Ada sedikit informasi dasar bagi pemula mengenai teknik dan jenis umpan yang bisa kamu gunakan untuk memancing di Pulau Tidung agar kamu bisa menikmati kegiatan memancing di laut, seperti di bawah ini.

1.Lure Minnow

Lure Minnow adalah umpan palsu atau umpan tiruan berbentuk ikan kecil yang terdiri dari 2 tipe, tipe floating digunakan untuk memancing pada karang dangkal dan tipe sinking yang digunakan untuk memancing dikedalaman.

2.Lure Top Water

Hampir sama dengan Minnow, Top Water digunakan untuk memancing di permukaan air dan mengapung. Bentuknya cerah sehingga lebih menarik predator – predator air untuk memangsanya. Agar berhasil, usahakan goyang – goyangkan umpan ikan seperti hidup dan sampai memercik – mercikan air. Tipe umpan ini biasanya tipe umpan yang digunakan ketika para pemancing melemparkan jauh kailnya.

3.Lure Metal Jig

Jenis umpan ini digunakan untuk memancing ikan – ikan di laut yang dalam, warnanya dibuat silver metal mengkilap agar saat jauh dikedalaman yang gelap, warna umpan ini menonjol dan menarik perhatian para ikan yang berada di sekitarnya. Untuk umpan satu ini, kamu bisa menggunakan teknik jigging dengan menjatuhkan umpan sangat dalam hingga bisa menyentuh dasar laut lalu secara perlahan mulai ayunkan pancingan yang dibarengi dengan retrieving yang seimbang. Proses itu diulang – terus menerus sampai umpan sampai di tengah – tengah, hingga nantinya mendapatkan ikan. Bagi yang suka trolling, umpan ini juga bisa digunakan bila kamu paham teknik yang sebenarnya.

4.Lure Vibration

Dari namanya, lure vibration, tentu kita sudah tahu bahwa jenis umpan ini digunakan dengan teknik tarikan yang menghasilkan goyangan – goyangan ikan seakan – akan ikan masih hidup dan aktiv. Umpan ini, khusus digunakan di parairan dalam karena tekniknya memang kurang baik jika diaplikasikan di daerah dangkal selain itu, warna ikan yang silver dan kuning juga akan lebih mencolok jika dikedalaman.

Selain teknik dan jenis umpan di atas, tentu saja masih ada teknik dan umpan – umpan lain yang bisa digunakan memancing di Pulau Tidung dan membuat hobi memancing kamu semakin membara. Hanya saja, bagi pemula bisa menguasai 4 teknik itu rasanya sudah cukup karena rata – rata teknik – teknik dan umpan tersebutlah yang sering digunakan. Terakhir, selamat memancing di Pulau Tidung dan rasakan sendiri keasyikan tarikan ikan demi menyalurkan hobimu.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.