Tips Berlibur Aman, Hemat, dan Menyenangkan di Pulau Tidung

Pulau Tidung Kepulauan Seribu saat ini menjadi destinasi wisata yang hits dan booming dikalagan warga ibu kota dan sekitarnya. Kini pulau yang dulu sepi, menjadi ramai dipenuhi oleh turis lokal mau pun asing yang ingin merasakan sendiri indahnya pulau tidung sekaligus mendapatkan liburan yang menyenangkan. Akan tetapi, berhubung saat ini Pulau Tidung sangat terkenal dan menjadi destinasi wisata banyak orang, tentu saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum pergi berlibur ke sana, terutama jika kamu ingin agar liburan benar – benar, Aman, Hemat dan menyenangkan selama di Pulau Tidung.

Tanpa atau dengan Agen Tour

Hal pertama yang harus kamu putuskan adalah berlibur menggunakan agen tour atau tanpa agen tour ke Pulau Tidung. Kedua hal ini memiliki kelebihan sekaligus kekurangan masing – masing, jika kamu memilih berlibur sendiri, kemungkinan biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat jika kamu hanya berjalan – jalan saja dan makan seadanya tetapi, jika kamu ingin merasakan suasana yang benar – benar belibur dan mencoba berbagai permainan serta kuliner yang ada di Pulau Tidung, maka tentu saja biaya yang akan dikeluarkan akan membengkan.

 

Jika kamu memilih berpergian dengan agen tour, memang biaya yang dikeluarkan akan terlihat besar pada awalnya. Akan tetapi, perlu diingat ya, biaya yang kamu bayarkan itu akan mengcover semua kebutuhan liburan kamu di Pulau Tidung, selain itu, pihak tour juga pasti akan menyediakan guide yang bisa menuntunmu selama perjalanan. Dengan menggunakan agen tour, keamanan, biaya yang hemat dan menyenangkan akan lebih terjamin.

Tentu saja, hal ini hanya akan terjadi jika kamu memilih agen tour yang tepat ya, pastikan agen tour yang kamu pilih adalah agen resmi dan juga memiliki respon yang baik dan cepat. Selain itu, akan lebih baik lagi jika agen tour mau memberi informasi lengkap mengenai Pulau Tidung sebelum jadwal keberangkatanmu.

Memilih Waktu Liburan yang Tepat

Jika kamu sudah mendapatkan agen tour yang terpercaya serta memiliki respon yang cepat dan baik, selanjutnya kamu perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berlibur. Itu karena tujuan berliburmu pasti untuk melepaskan penat dan merefresh semua hal yang membuatmu pusing dalam rutinitas sehari – hari. Akan percuma bukan, jika kamu pergi berlibur tapi ternyata suasanya pulau tidak seperti bayanganmu atau ada kendala lain.

Untuk itu, pastikan waktu berlibur kamu pas ya supaya tidak kecewa. Misalnya saja, jika kamu tidak suka berbasah – basah karena hujan, maka hindari berpergian ke Pulau Tidung saat curah hujan sedang tinggi seperti di bulan – bulan Januari atau Februari. Pergi di akhir April atau Mei akan lebih pas karena saat itu cuaca sebagian besar akan cerah.

Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah suasana Pulau Tidung, jika sedang musim liburan, tentu Pulau Tidung akan sangat ramai dan dipenuhi banyak orang. Bagi kamu yang tidak suka terlalu ramai, maka hindari berlibur di Pulau Tidung pada weekend atau hari Libur Nasional.

Uang Cash

Jika kamu di kota, tentu akan dekat dengan ATM atau akan sangat mudah menggunakan kartu kredit. Akan tetapi, hal semacam itu tidak akan terjadi di Pulau Tidung dan disini, yang ada hanya beberapa ATM bersama dan umumnya itu Bank DKI. Agar liburan kamu tetap aman, hemat, dan menyenangkan, pastikan sudah membawa uang yang cukup dari rumah ya. Selain mengambil uang di ATM yang berbeda dikenai biaya, berjaga – jaga siapa tahu ada ganguan dengan ATM yang ada di Pulau juga perlu.

Koneksi Internet

Bagi kamu yang hobi berselancar di dunia maya meskipun akan berselancar di Pulau Tidung, pastikan koneksi internet yang kamu miliki sesuai dan bisa menjangkau Pulau Tidung dengan sinyal maksimal ya karena, meskipun disini ada beberapa warung internet tapi berjaga – jaga akan lebih baik bukan ? dari pada kamu menyesal nantinya saat di Pulau Tidung. Penyesalanmu nanti tidak akan ada gunanya lho.

Transportasi di Pulau

Di Pulau Tidung ada beberapa transportasi yang bisa kamu pilih yaitu bentor atau becak motor dan sepeda. Tentu saja tarif bentor lebih mahal dari sepeda dan biasanya hanya berlaku untuk sekali naik saja, jadi kalau ingin lebih hemat, sebaiknya menggunakan mode transportasi sepeda saja di Pulau Tidung. Penyewaan sepeda disini, dihitung perhari dan bukannya perdestinasi seperti bentor, meskipun lebih lambat dan capek, tapi kita juga bisa lebih leluasa.

Dari beberapa tips yang sudah tertulis di atas, jangan lupa ya bahwa kamu harus tepat waktu juga karena tidak mungkin kan kapal akan menunggumu sampai di dermaga baru kemudian berangkat. Setelah sampai di Pulau Tidung, barulah kamu bisa menikmati liburan mu dan bersantai sepuas hati. Semoga tips ini bisa membuat liburanmu menyenangkan , aman , dan hemat ya.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.